top of page
Search
  • Writer's pictureWahyu Riawanti

Ayam Kremes

Ayam kremes ini dibuat dari daging ayam pedaging (broiler). Bukan menu andalannya kaum sophisticated di negara Wakanda, tapi enak. Apakah sehat? Hadeh, sulit menjawabnya. Apalagi ada kremesan homemade terbuat dari tepung kanji yang digoreng, jauh dari prinsip sehat... kwkw. Tapi sesungguhnya kunci enaknya ada pada sambal gongso. Sambal pedas manis yang bumbunya digongso dulu sebelum dihaluskan. Dagingnya diungkep dengan bumbu rempah, baru digoreng.





Once upon a time saya pernah menganaktirikan ayam pedaging ini. Saya menolak mengkonsumsi daging segarnya dan segala rupa olahannya. Fanatik betul menolak ayam pedaging dan melawan produk hasil genetically modified oranism (GMO) dengan segala cara. Karena saya masih muda? Bukan. Tapi karena literasi saya terbatas. Barangsiapa mengetahui sedikit informasi saja, cenderung akan mudah menjustifikasi dan mengambil sikap atas informasi yang terbatas tersebut. Termasuk saya sendiri.


Umumnya generasi yang lebih tua (saya tidak...kwkw) memilih ayang Jawa (native chicken) ketimbang ayam potong. Ayam Goreng Nyonya Sumarni jauh lebih miyayeni timbang ayam goreng sepah sepo ala Kentaki fried chicken. Tapi sesungguhnya kedua kubu tidak bisa di diklasifikasikan sesederhana itu. Ayam goreng kampung yang enak mostly adalah ayam resto. Sementara itu kalau bikin sendiri bisa jadi alot menjengkelkan. Sebaliknya ayam pedaging yang diolah dengan benar oleh kaefci yang sesungguhnya menghasilkan daging ayam goreng enak -juicy- crunchy.


Pertinyiinnyi kemudian, apakah ayam pedaging selalu aman? Tidak juga. Semua tergantung dari banyak faktor termasuk kualitas daging, proses handling, dan proses memasak. Ayam kampung yang recommended melalui proses memasak khusus sehingga dagingnya bisa empuk, juicy, mat. Sebaliknya vonis ayam pedaging tidak sehat jatuh pada ayam goreng abal abal yang diproses seadanya tanpa standar mutu tertentu. Sehat tidaknya bukan semata karena entitas GMO nya. Jadi itulah pentingnya literasi, menurut saya.

Karena daging ini jauh lebih terjangkau, saya harus memastikan kebenaran informasi tentangnya. Mencari tahu tentang kedalaman nilai gizi ayam pedaging kemudai menjadi jalan ninja sebelum mengeksekusinya menjadi fine dining. Akhirul kalam, setalah memastikan banya syarat dan ketentuan berlaku saya memutuskan bahwa ayam pedaging bisa jadi masakan yang enak sehat, dan miyayeni. Seperti contoh foto di atas. Ahai.





14 views

Recent Posts

See All
bottom of page