top of page
Search
  • Writer's pictureWahyu Riawanti

Selamat Ulang Tahun Indonesia

Updated: Oct 7, 2022

Salah satu hal yang ditunggu anak-anak dan orang tua dalam minggu ini: perayaan tujuhbelasan. Setiap negara pasti memiliki kekhasan dan persepsi warga yang berbeda dalam memperingati hari kemerdekaannya. Di Indonesia, ia termasuk hal yang ditunggu untuk meenyelenggarakan pesta rakyat. Terutama setelah 3 tahun tanpa pkemeriahan karena pandemi, perayaan Independence Day tahun ini berasa meriahnya. Saya termasuk yang mengikuti keramaianan dengan bikin kue bertema tujuhbelasan.




Agak terlambat bikin resep dengan tema merah putih. Tapi that is not the case, yang penting hasilnya enak dan highly recommended. Lagi pula sudah lama saya sungguh pengen pengen bikin kue ini, baru sekarang kesampaian. Kue kukus dengan bahan tepung ketan dan kelapa parut ini menghasilkan sensasi rasa khas lidah Jawa yang manis - gurih.


Kue Sengkulun di Jawa disebut Awug Awug dan pada umumnya warnanya lebih pink. Di resep kali ini setelah dikukus saya oven sebentar supaya dapat warna merah putihnya. Niat sekali, bukan?. Sementara itu, seingat saya sudah agak jarang kue jadul ini ditemui di pasar atau toko kue. Lama juga nggak makan awug awug. Jadi seneng rasanya kesampaian punya waktu buat bikin sendiri 😍

3 views

Recent Posts

See All
bottom of page