top of page
Search
  • Writer's pictureWahyu Riawanti

Glenderan Jladren

Updated: Nov 16, 2021

Glenderan Jladren literally means dough roller. Once upon a time saya adalah salah satu penggemar berat komik Asterix Obelix. Kemudian baru sadar bahwa sosok Mimine Bonemine sang first lady-nya Pak Lurah ini menjadi representasiku dalam banyak hal termasuk urusan baking: kemana mana bawa gilasan adonan... Glenderan Jladren.




Glenderan jladren sangat penting dan krusial bagi penyuka masak. Ia menentukan tebal tipisnya adonan, juga menentukan mengembang tidak nya hasil akhir baking. Tapi bagi Bonemine, gilasan adonan ini tidak hanya dipakai untuk urusan memasak. Tetapi juga dipakai saat harus adu pukul gebug-gebugan dengan para tetangganya yang budiman. Atau menyerang tentara Romawi yang selalu kalah karena khasiat jamu manjur pak dukun Panoramix.


“Memainkan perannya sebagai ibu rumah tangga penuh waktu, istri Assurancetourix, tidak menjadikan Bonemine tidak keren. Semua ciri menjadi wanita mandiri dan fearless ia punya: tegas, berani menyampaikan pendapat, multi-talent, dan penuh percaya diri... dan main gebug kadangkala adalah solusinya.”

Cerita komik, bisa semenarik dan semelegenda ini. Sampai saat ini, bagi saya komik Asterix Obelix tak tergantikan. Ia pernah mengangkat hampir semua masalah dan memberikan detil cerita yang sangat cerdas, kaya narasi, dan lucu luar biasa. Sebut saja tema seksi yang pernah ada: politik kepemimpinan, isu gender, ekonomi global, dan kapitalisme. Semua diceritakan dengan cara Albert Uderzo... genius yet hilarious.


Glenderan Jladren dan Kekuatan Perempuan

Bukan masalah kekuatan abstrak yang menjelaskan kekuatan permpuan dari aspek gender, sih. Beneran ini tentang kekuatan fisik. Perkara menggilas ini benar-benar membutuhkan kekuatan fisik. Jangan bayangkan bahwa urusan baking adalah tentang adonan yang sudah jadi. Membuat adonan sendiri buat croissant misalnya, siap siap lengan jadi maskulin. Giles adonan terigu dan korsvet yang lumayan kenyal, tarikannya berat. Belum lagi proses gilas-lipat-gilas dan keluar masuk kulkas berulang kali. Baking is so much feminine? Not always.


Dan tidak ada bandingnya baking roti dengan adonan bikinan sendiri. Saat adonan mengembang, maka pada saat itulah ada semacam orgasmic sensation yang tak tergantikan. Penjelasan yang sederhana sebenarmya: ketika kita terlibat dalam keseluruhan proses pembuatan roti (atau apapun) tersebut, maka the whole process is my beloved project. Sehingga hasilnya akan seperti my dearest baby. Analogi yang bisa disamakan mungkin: proses menulis disertasi.


Glenderan jladren is merely the representation of Girls' Power. The representation of million ladies, including Bonemine and myself hopefully. And whoever named it as glenderan jladren, you are genius, hilarious and lovable.


7 views

Recent Posts

See All
bottom of page