top of page
Search
  • Writer's pictureWahyu Riawanti

Roti Jala dari Medan

Updated: Oct 22, 2021

Seni dari memasak adalah proses membuatnya. ketika suatu makanan memngingatkan pada masa tertentu maka memori kita bisa berjalan jalan menuju waktu tersebut. Roti jala menuntunku pada suatu masa kami para remaja belajar makanan dari kota masing masing.



Merindukan masa muda dan masa kanak-kanak? Tentu saja. Karena masa sekarang ketika kita mendewasa dan menua lebih sering menjengkelkan. Kalau hari ini kita bicara masakan, maka para oramg tua akan bicara tentang pantangannya masing masing. Di masa kecil, kita bisa memasak apapun. Termasuk kari kamboing, sumber kolesterol yang menjadi pasangan roti jala.

“Tentang makanan sehat. Konsumis makanan sehat. Tetapi terobsesi dengan makanan sehat, bukanlah hal yang sehat. Demikian kata seorang bijak.”

Ada banyak mitos tentang kolesterol dan makanan dari daging. Lagi[ula, perlu diingat bahwa sehat tidaknya makanan kita tergantung pada cara memasak dan jumlah yang kita konsumsi. Kalau makan dua tusuk sate kambing saja anda menyesalinya selama dua pekan mdan menjadikan unhappy, maka -jangan jangan- dampak negatif pad tubuh bukan berasal dari daging kambingnya, tapi dari cara anda sulit bahagia karena lebih suka menyalahkan diri sendiri. IMHO..


Roti Jala dan menemukan Flowing


Flowing adalah kondisi saat seseoranga menemukan passionnya, ikagainya. Flowing adalah salah satu momentum ketika kita terlarut pada suatu hal yang sangat kita sukai. Bagio saya, salah satunya ketika kita mengerjakan sesuatu detil, seperti membuat pola roti jala yang menuntut ketelitian tertentu. Ketika menyemprotkan adonan ke atas wajan, perhatian harus fokus, tidak terpecah, dan kita karena tahu hasilnya akan bagus hanya ketika kita melakukannya dengan sungguh sungguh tanpa kesalahan. Flowing.


Jika demikian semua koki dan tukang masak akan menemukan flowingnya saat memasak? Belum tentu. Flowing mensyaratkan kondisi kita di mana kita merasa santai, rileks dan tanpa beban. Memasak akan menjadi bagian dari kontemplasi yang mencerahkan ketika kita melakukannya dengan senang hati, bukan sebagai bagian dari pekerjaan, dan tanpa beban. That's what I think about flowing.



3 views

Recent Posts

See All
bottom of page