top of page
Search
  • Writer's pictureWahyu Riawanti

Cerita Di Balik Kue Kancing

Updated: Oct 27, 2021

ternyata banyak orang punya kenangan yang sama dengan kue kancing: masa kecil. momen lebaran dan makan gula kue kancing.




Beberapa jenis makanan mengingatkan kita pada masa lalu atau masa kecil. Kue kancing mengingatkanku pada almarhum Bapak. Rasa icing khas kembang gula ternyata berasal dari jeruk nipis. Entah apakah carayang sama dipakai oleh bakul kue bobok. Tapi bagiku rasanya bisa sama persis

“Selalu ada cerita di balik makanan, sesederhana apa pun itu. Makanan kecil ini menyimpan sejumlah cerita yang layak dikenang. Cerita yang mengandung bawang...”

Senangngnya bisa menghadirjan kembali kenangan itu di meja makan, dengan mebuat sendiri makanan kecil masa lalu. Warna warni gulanya mengingatkan warna ceria masa kanak kanak yang mewakili kenangan banyak orang.


Follow Your Heart


Seperti halnya proses belajar apapun yang lain, belajar memasak ini mensyarakan kerendahan hati. Mulai dengan rendah hati - gelas kosong ketidaktahuan, dan biarkan pengetahuan yang mengisinya (lambeku wis koyok motivator).


Pengalaman memasak cemilan ini salah satu contohnya. Karena takaran untuk hiasan gula harus benar2 tepat, saya melakukan kesalahan: mengganti 1 butir telur besar menjadi 2 butir telur kecil. No way. Its a big mistake. Harus diulang. Beneran dramatis harus mengulang pembuatan topping kembang gula dari awal. Hasil kedua: perfect.


Takaran harus tepat, tapi alat bisa ditoleransi. Ada banyak tutotial membuat dan menggunakan piping bag. Sementara saya yang setengah preman ini bisa ngakali pakai plastik biasa. Tinggal pasang spuit dan hasilnya sempurna seperti gambar di resep. When baking, just follow instruction. Just follow the rule. But you may listen to your very heart, to understand when to break it...


10 views

Recent Posts

See All
bottom of page