top of page
Search
  • Writer's pictureWahyu Riawanti

Sambal Pencit Mangga Muda

Updated: Oct 25, 2021

Sambal hampir selalu identik dengan menu orang Indonesia. Mungkin. Tapi bagi saya, sambal identik dengan orang yang mudah bahagia. bayangkan, hanya dengan tiga atau empat bahan kita sudah bisa membuat nasi putih menjadi demikian sempurna enak.



Ada ribuan jenis sambal di Indonesia. Apakah sambal termasuk menu sehat dan bernutrisi? Belum tentu, Tergantung sambal yang mana. Tapi anda dan saya memiliki kebebasan untuk menentukan sambal yang mana dan dengan pertimbangan apa. Hanya saja, jika dengan sambal saja anda menjadi lebih bahagia, maka anda beruntung.

“Jaga pola makan dan konsumsi makanan sehat. Tetapi terobsesi dengan makanan sehat, bukanlah hal sehat. (A wise man's saying).”

There is no such a thing called perfect food or perfect menu. Eat as many various as possible. I prefer being tolerance about food that people need to be free to pick about their food. Instead of being threatened, you need to be happy having your meal.


Sambal dan Kebahagiaan

Salah satu yang bisa dilakukan dalam mengkonsumsi sambal, barangkali, ia bisa disandingkan dengan sejumlah variasi menu. This rich flavor encourage you to add another food ingredient, bukan?. Saya bisa makan sepiring sayuran lebih banyak karena ada sambal mangganya. Cobalah test diri sendiri dengan challenge yang hampir mission impossible ini: banyakin makan sambal tapi tidak menjadi kebanyakan nasi...


Stolen apple always tastes better. Sama halnya dengan mangga yang saya bikin sambal ini. Menu kali ini menyisakan cerita tentang buah curian. Saat mengantar asisten RT vaksinasi di kantor kesehatan, aku menemukan pohon mangga apel sedang berbuah. Pohon ini dulu kami (termasuk saya) yang menanam, karena ia ada di lokasi kantor lamaku. Ketika ditempati orang lain buahnya menjadi hak siapa? Toh kami sama sama bukan pemilik lahannya. Jadi sesungguhnya, saya tidak bermaksud mencuri sebenarnya, tapi tidak tahu harus minta kepada siapa.


4 views

Recent Posts

See All
bottom of page